Baitul Arqom bagi Mahasiswa Baru Program Pascasarjana UAD

| 0 comments

dr. Agus Taufiqurahman saat menyampaikan materi Pedoman Hidup Islami

dr. Agus Taufiqurahman saat menyampaikan materi Pedoman Hidup Islami

Bertempat di Kampus I UAD (16-17/05/2015) Program Pascasarjana UAD menyelenggarakan kegiatan Kajian Keislaman dan Kemuhammadiyahan (Baitul Arqom) serta Program Pemberdayaan Umat. Program ini baru pertama kali dilaksanakan oleh Program Pascasarjana UAD.

Pada hari pertama kegiatan diawali dengan Pre Test dimulai pukul 07.15 WIB, dilanjutkan Pembukaan, serta sessi materi.  Acara dibuka oleh Direktur PPs UAD Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt. yang  menyampaikan harapan agar kegiatan yang baru pertama kali diselenggarakan oleh PPs UAD ini dapat dimanfaatkan oleh para mahasiswa dengan sebaik-baiknya. “Pemateri yang akan menyampaikan adalah para tokoh Muhammadiyah yang berkaliber Nasional, kami harapkan Saudara dapat menyerap ilmunya sebanyak-banyaknya sehingga akan memberikan banyak pengetahuan dan berefek pada sikap serta perilaku Saudara sehari-hari”, demikian pesannya.

Acara dilanjutkan dengan penyampaian materi. Dikarenakan jumlah peserta yang sangat banyak, yaitu 174 peserta, maka dibagi menjadi 2 kelas A dan B, dengan materi yang disampaikan secara bergantian. Sessi I di Kelas A diisi oleh Prof. Dr. H. Yunahar Ilyas, Lc, M.Ag. yang menyampaikan materi tentang Paham Agama dalam Muhammadiyah. Sedangkan di Kelas B materi diisi oleh Dr. H. Khoiruddin Bashori, M. Si., yang menyampaikan materi tentang Sejarah dan Perjuangan Tokoh Muhammadiyah. Materi disampaikan sampai menjelang dzuhur dengan pergantian kelas.

Setelah istirahat-sholat-makan (ishoma) acara dilanjutkan dengan materi dari dr.H. Agus Taufiqurrahman, M.Kes, Sp.S. tentang  Akhlak Profesi dalam Muhammadiyah / Pedoman Hidup Islami Warga Muhammadiyah (PHIWM), serta H. Fathurrahman Kamal, Lc., M. A yang menyampaikan materi tentang Falsafah Pemikiran KH. Ahmad Dahlan dan Ideologi Muhammadiyah.

Pada hari Ahad (Minggu) materi dilanjutkan dengan Tuntunan Ibadah Praktis oleh Atang Solihin, S.Pd.I, MKCH dan Khitah Perjuangan Muhammadiyah oleh Prof. Dr. H. Mundzirin Yusuf, Ujian Praktik Taharah dan Salat oleh 4 penguji ari LPSI UAD, Materi Orientasi “Program Pemberdayaan Umat” oleh Dr. H. Ir. Dwi Sulisworo, M.T., serta  Orasi Ilmiah dengan tema “Agama dan Sains” oleh Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt. dilanjutkan penutupan. Sebelum ditutup disampaikan kesan dan pesan dari peserta serta penyampaikan hasil pre test dan post test. (dans)

Album foto kegiatan dapat dilihat  di facebook; Danang Sukantar

Dr. Dwi Sulisworo (kiri) saat menyampaikan Materi Program Pemberdayaan Umat dengan Moderator Danang Sukantar.

Dr. Dwi Sulisworo (kiri) saat menyampaikan Materi Program Pemberdayaan Umat dengan Moderator Danang Sukantar.

Kelas Prodi Magister Fisika foto bersama Direktur, Wakil Direktur, dan Kaprodi

Kelas Prodi Magister Fisika foto bersama Direktur, Wakil Direktur, dan Kaprodi

 

Leave a Reply

Required fields are marked *.