INFORMAL MEETING DAN DISKUSI KERJASAMA UAD DENGAN UNIVERSITY OF NUEVA CACERES DAN UNIVERSITY OF SAINT ANTHONY, FILIPINA

| 0 comments

Kamis, 24 Oktober 2013, 6 delegasi dari University of Nueva Caceres (UNC) dan  1 delegasi dari University of Saint Anthony (USANT), Filipina (Philippina/Philippines)  mengunjungi Kampus Universitas Ahmad Dahlan. Ketujuh delegasi tersebut adalah Dr. Emelita O. Menes, Atty Clarita B. Padilla, Ed.D., Prof. Dr. Alida A. Mores, Prof. Ryan D. Bastareche, Prof. Mary Ann A. Pappica, Dr. Cesar B. Bermundo, and Prof. Estrella T. Arroyo. Mereka disambut hangat oleh Wakil Rektor IV UAD, Prof. Sarbiran, M.Ed., Ph.D; Wakil Direktur Pascasarjana UAD, Dr. Dwi Sulisworo; Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) UAD, Ida Puspita, M. A.Res., dekan, Kaprodi, dan kepala biro serta lembaga di UAD.

            UAD dan UNC telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) sejak 2010 dan berbagai kegiatan kerjasama sebagai bentuk realisasi MoU secara intensif telah dilaksanakan seperti joint seminar, program pertukaran budaya, program KKN internasional, dan sebagainya. Pada kesempatan ini, delegasi dari UNC mengunjungi UAD bersama seorang delegasi dari USANT  yang juga berkeinginan untuk bekerjasama dengan UAD. Prof. Estrella T. Arroyo selaku Dekan Faculty of Arts and Sciences USANT mewakili Direktur USANT menyampaikan keinginan untuk mengadakan kerjasama dengan UAD. Dalam forum ini, para dekan dan lembaga terkait di UAD juga membahas peluang kerjasama lain dengan kedua universitas Philippina. Sebagian besar pembahasan mengarah pada keinginan untuk joint reseach (penelitian bersama) seperti penelitian komparasi antara budaya atau pendidikan di Philippina dan di Indonesia.

            Prof. Sarbiran, yang memberikan sambutan saat acara, mendorong para dekan dan kepala lembaga di UAD untuk melaksanakan program-program kerjasama internasional guna merealisasikan MoU-MoU yang telah ditandatangani dengan berbagai institusi internasional karena MoU yang telah ditandatangani akan sia-sia bila tanpa realisasi. Berbagai kegiatan yang selama ini telah dilaksanakan adalah bentuk komitmen UAD dan UNC untuk merealisasikan kerjasama tersebut. “Yang sudah berjalan pertahankan dan upayakan untuk terus ditingkatkan,” demikian tambahnya. (dtiti-ed: dan’s)

Leave a Reply

Required fields are marked *.