Ini Judul Artikel yang Baik Menurut Tole Sutikno

| 0 comments

Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan menyelenggarakan Workshop Penulisan Artikel Terindeks Scopus II. Kegiatan tersebut merupakan lanjutan dari workshop penulisan sebelumnya, dengan pemateri yang berbeda. Pada workshop pertama pemateri disampaikan oleh Iwan Tri Riyadi Yanto, S.Si., MIT. dosen muda dari Prodi Sistem Informasi FMIPA UAD (http://pascasarjana.uad.ac.id/workshop-penulisan-artikel-terindeks-scopus/) . Workshop kedua diikuti oleh dosen dan mahasiswa yang memiliki artikel siap publikasi diisi oleh Tole Sutikno, Ph.D. Tole adalah dosen Teknik Elektro dan dosen Magister Teknik Informatika yang juga pengelola Jurnal TELKOMNIKA.

Tole menyampaikan bahwa judul yang baik mencakup hal-hal sebagai berikut.

  1. Condenses the paper’s content in a few words (Memadatkan isi artikel dalam beberapa kata)
  2. Captures the readers’ attention (Merebut/menawan perhatian pembaca)
  3. Differentiates the paper from other papers of the same subject area (Membedakan artikel kita dari artikel lain dari area subjek yang sama).

“Judul artikel yang baik itu padat, jangan seperti judul skripsi, tesis, ataupun disertasi yang biasanya panjang-panjang. Tetapi harus padat, berisi. Tetapi ya jangan terlalu pendek, apalagi bagi pemula. Kecuali bagi penulis yang sudah sangat dikenal, maka judl yang simpel saja dicari banyak orang, dan dijadikan rujukan,’ jelas Tole.

Lebih lanjut, Tole menyampaikan bahwa hal lain yang perlu diperhatikan dalam membuat judul adalah judul dapat memberikan daya tarik bagi pembacanya. “Judul mesti menawan, dapat merebut perhatian pembaca”, katanya.

Leave a Reply

Required fields are marked *.