Konten Website Harus Selalu Update

| 0 comments

“Kita tidak boleh mengecewakan masyarakat yang ingin mengetahui informasi tentang Program Pascasarjana, khususnya website di program studi, karena begitu 1 kali dilihat tetapi info tidak lengkap, 2 kali dikunjungi tetap tidak lengkap dan tidak update maka mereka akan malas untuk melihat lagi. Kita akan ditinggalkan,” demikian Danang Sukantar mengawali kegiatan pelatihan pengelolaan website bagi staf di Program Pascasarjana UAD.

Website harus selalu update agar pihak-pihak yang membutuhkan informasi cepat dapat langsung mengakses dan mendapatkan informasi yang diperlukan.

Danang menambahkan bahwa membuat berita tidak perlu harus banyak, simpel saja yang penting informatif, memenuhi kaidah informasi yaitu 5W + 1 H.

Apa itu 5W+1H?

  1. What: Apa nama kegiatannya
  2. Where: Dimana dilaksanakan
  3. When: Kapan pelaksanaannya
  4. Who: Siapa yang melaksanakan, siapa pematerinya
  5. Why: Mengapa kegiatan tersebut dilaksanakan, apa yang melatarbelakangi, tujuannya
  6. How: Bagaimana jalannnya kegiatan

Pelatihan dilaksanakan secara praktis, peserta diminta langsung membuka web prodi masing-masing dan mempraktekkan membuat berita. Berita tentang kegiatan yang sedang diaksanakan yaitu pelatihan pengelolaan web prodi.

Hani salah satu peserta menyampaikan bahwa itu merupakan pengalaman pertamanya mengelola web, dan kegiatan tersebut sangat bermanfaat untuk dapat meng-update informasi di prodi Magister Pendidikan Vokasi tempatnya bertugas.

Pelatihan Pengelolaan Web diselenggarakan oleh Humas PPs UAD di Lab. Komputer Prodi MTI pada Kamis (17/2/2017) yang diikuti oleh para staf dilingkungan pascasarjana terutama yang website prodinya kurang update karena belum ada yang menangani. Sehingga staf prodi dituntut untuk dapat menangani web prodi, yaitu membuat berita, meng-upload, memperbaiki, mengubah info yang sudah tidak up to date, dan lain-lain.

“Alhamdulillah tujuan program ini tercapai, yaitu untuk meningkatkan kemampuan bagi karyawan dalam hal pemanfaatan sarana teknologi informasi. Semua sudah bisa mengelola web masing-masing dan membuat berita,” ungkap Danang.

Peserta begitu antusias dalam mengikuti pelatihan ini sehingga sampai melebihi batas waktu yang diberikan. (Adp-2)

 

Leave a Reply

Required fields are marked *.