Magister Pendidikan Fisika UNJ Kunjungi UAD

| 0 comments

Rabu (15/10/2014) Magister Pendidikan Fisika Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menerima kunjungan dari Magister Pendidikan Fisika Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Menurut Dr. Made Astra (Kaprodi Magister Pendidikan Fisika UNJ), kegiatan yang diberi nama Kunjungan Kerja Lapangan (KKL) merupakan program rutin yang diselenggarakan oleh UNJ pada tiap tahunnya, bertujuan untuk peningkatan kualitas lulusan Magister Pendidikan Fisika UNJ serta memperluas jalinan kerjasama dengan berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. “Dosen-dosen di UNJ banyak yang berasal dari lulusan PTN ternama baik dalam maupun Luar Negeri, namun kami kurang dosen yang berlatar belakang  pendidikan fisika. Kalau fisika murni banyak. Untuk itu kami ke Magister Pendidikan Fisika UAD untuk sharing, bekerjasama, serta melihat hasil-hasil karya/tesis mahasiswa Magister Pendidikan Fisika UAD,” demikian disampaikannya pada sambutan.

Sementara itu, Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt. selaku Direktur Pascasarjana UAD menyampaikan rasa bangga dan senangnya menerima kunjungan dari salah satu PTN ternama. Mudah-mudahan dapat dilanjutkan dengan kerjasama yang saling menguntungkan, bermanfaat bagi institusi, bagi mahasiswa dapat menambah ilmu pengetahuan yang tidak diperoleh di kampus, memperoleh inspirasi dan motivasi dalam penulisan tesis, dan lain-lain. “Saya yakin masing-masng memiliki keunggulan dan kekurangan, dengan kerjasama yang baik, maka keunggulan dapat  saling dibagi, kekurangan dapat saling dibantu untuk penyelesaiannya,”ungkap Prof. Mursyidi saat menyampaikan sambutan.

Ditempat terpisah, Dr. Moh. Toifur, M.Si., Kaprodi Magister Pendidikan Fisika UAD menyampaikan bahwa UAD terus berupaya mengembangkan kompetensi mahasiswa agar memahami konsep pembelajaran Fisika secara benar, sebagai tuntutan perkembangan jaman. “Kita manfaat teknologi informasi dengan sebaik-baiknya untuk mempermudah dalam pembelajaran. Sehingga Fisika menjadi ilmu yang menarik, tidak membosankan, tidak menakutkan.  Dengan pembelajaran Fisika berbasis TI akan mudah dicerna oleh siswa, selain menarik, juga efektif dan efisien,” terang Dr. Toifur. Lebih lanjut Dr. Toifur menambahkan bahwa efektif karena waktu tidak banyak terbuang harus bolak-balik ke kelas dan ke lab, efisien karena tidak mengeluarkan banyak biaya untuk bahan, alat, dan lain-lain. Modul pembelajaran dengan muatan lokal yang komunikatif dan sesuai tuntutan jaman sudah kami sediakan.

Dalam kunjungan tersebut, selain dialog juga dilaksanakan kuliah bersama, penandatangan MoU, serta kunjungan ke perpustakaan dan fasilitas pendukung perkuliahan. Kuliah bersama disampaikan oleh Dr. Ir. Vina Sarevina, M.Si. (UNJ) yang menyampaikan materi “penyegaran Menuju Tesis yang Lebih Berkualitas” dan Drs. Ishafit, M.Si. (UAD) yang menyampaikan “Data Logging Eksperimen Fisika Berbasis IT.” (dan’s)

Leave a Reply

Required fields are marked *.