Mahasiswa Pascasarjana UAD Siap Kompetisi di Era MEA

| 0 comments

Memasuki Era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (PPs UAD) terus-menerus meningkatkan aktivitas kegiatan. Salah satunya adalah memberikan peluang kunjungan ke luar negeri bagi mahasiswa PPs UAD ke beberapa perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan UAD.

Pada Sabtu (30/01/2016) lalu PPs UAD melepas 22 mahasiswa dan 5 dosen pendamping untuk berkunjung ke Singapura dan Malaysia. Pelepasan dilakukan oleh Dr. Muchlas, M.T. (Wakil Rektor I Bidang Akademik), yang menyampaikan agar aktivitas kunjungan ke luar negeri dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk menambah wawasan global, meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa, dan menghasilkan karya yang dapat bermanfaat untuk diri sendiri, lembaga tempat bekerja, maupun bagi UAD.

Kunjungan dipimpin oleh Dr. Dwi Sulisworo (Wakil Direktur PPs UAD), didampingi oleh Dr. Jumintono, Dr. Hadi Suyono, Fatwa Tentama, M.Si, serta satu staf Subhan Aziz, dilaksanakan pada 31 Januari sampai dengan 3 Februari 2016. Kunjungan diawali ke Singapura dengan tujuan mahasiswa akan memperoleh wawasan tentang etos kerja kompetitif, budaya hidup disiplin dan tertib, kunjungan ke berbagai tempat wisata dengan manajemen pengelolaan yang modern dan profesional.

Kunjungan ke Malaysia aktivitasnya dilaksanakan di Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dan Universiti Malaya (UM). Di UTM diselenggarakan Joint Seminar yang diikuti oleh dosen dan mahasiswa PPs UAD serta dosen dan mahasiswa UTM. Paper dan materi presentasi disampaikan dengan menggunakan bahasa Inggris. Paper yang dipresentasikan setelah diberi masukan oleh para peserta selanjutnya akan dibuat proceeding yang ber-ISBN. Aktiitas lainnya adalah diskusi tentang kurikulum untuk menjajagi kemungkinan dilaksanakan program double degree.

Di Universiti Malaya mahasiswa dan dosen PPs UAD mengikuti kegiatan Training on Rasch Model. Suatu metode penelitian sosial yang pada saat ini makin popular. Kegiatan lainnya adalah training penulisan jurnal internasional.

Leave a Reply

Required fields are marked *.