Masa Tunggu Lulusan S2 PBI Pascasarjana UAD Kurang dari Satu Bulan

| 0 comments

Peserta Program Tesis di USANT Bacth 2: Desy Hidayanti, Ratih Kusuma Dewi, Aditya Dwi Saputri, Balqis Husain, Awaludin Arifin

Peserta Program Tesis di USANT Bacth 2 (2015): Desy Hidayanti, Ratih Kusuma Dewi, Aditya Dwi Saputri, Balqis Husain, dan Awaludin Arifin.

Kerja sama UAD dengan USANT, Philippina secara intensif telah dilaksanakan dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. Setelah sukses dalam pelaksanaan berbagai aktivitas internasional dan program pembimbingan tesis dan peningkatan kemampuan komunikasi bahasa Inggris bagi mahasiswa S2 PBI hingga memasuki Bacth 3, kali ini kunjungan delegasi Pascasarjana UAD periode Maret 2016 ke USANT selain mengantarkan peserta program penelitian dan pembimbingan tesis Bacth 3, juga akan melakukan berbagai aktivitas lainnya antara lain academic excursion, Dr. R.A. Noer Doddy Irmawati, M.Hum dan Dra. Umi Rochyati, M.Hum. akan menjadi keynote speaker pada acara seminar bagi guru-guru se-Origa City (Philippina), menghadiri pelepasan dua mahasiwa Pendidikan Fisika yang telah selesai melaksanakan program 2+2 di University Nueva Caceres (UNC).

Selain program diatas, delegasi S2 PBI Pascasarjana UAD juga akan melakukan joint research tentang pengelolaan kerjasama internasional di UAD dan USANT. Masing-masing memiliki keunggulan, akan tetapi tim riset UAD melihat ada faktor keunggulan lain yang dimiliki oleh USANT yang dapat diambil/diserap ilmunya untuk mengembangkan dan meningkatkan pengelolaan mahasiswa asing dan kerjasama internasional lainnya di UAD kedepan.

Dr. Hj. R.A. Noer Doddy Irmawati, M.Hum. (Kaprodi S2 PBI) menyampaikan bahwa program penulisan tesis dan penelitian, peserta program harus dapat menyelesaikan tesis dalam waktu 3 bulan, termasuk ujian, dan revisi. Selama ini program tersebut dapat berjalan dengan baik, karena para pembimbing dari USANT setiap hari selalu menyediakan waktu untuk pembimbingan dan mahasiswa setiap hari harus menyampaikan progress. Tidak hanya siang hari, malam pun jika dirasa perlu pembimbingan intensif akan mereka lakukan. Hal ini tentu sangat berbeda dengan yang dilakukan di Indonesia, waktu yang dimiliki para pembimbing sangat terbatas.

Noer Doddy yang juga sebagai pimpinan rombongan menyampaikan bahwa lulusan S2 PBI peserta program tesis di USANT semuanya telah terserap menjadi pegawai dengan masa tunggu tidak lebih dari satu bulan, dan semua menjadi lecture (dosen). “Tentu ini sangat membanggakan, mereka cepat terserap di dunia kerja. Mereka sangat kompetitif, ” ucapnya.

“Kami yakin program ini sangat besar manfaatnya buat S2 PBI dan UAD, sehingga dari tahun ke tahun senantiasa kita tingkatkan. Apalagi S2 PBI akan mengajukan akreditasi, ini tentu akan menambah point dalam kerjasama internasional, maupun riset,” tambahnya mengakhiri sambutannya pada acara Pelepasan Delegasi Program Pascasarjana UAD ke Filipina.

Leave a Reply

Required fields are marked *.