Pelatihan Literasi bagi Mahasiswa Program Pascasarjana UAD

| 0 comments

Zulfa Erlin M., S.IP. sedang memandu peserta pada pelatihan literasi di Ruang Literasi Kampus 3 UAD.

Zulfa Erlin M., S.IP. sedang memandu peserta pada pelatihan literasi di Ruang Literasi Kampus 3 UAD.

Kemajuan teknologi telah banyak menggeser berbagai jenis layanan akademik yang sebelumnya diberikan secara manual atau off line, sekarang sebagian besar telah dilayani secara online. Berkas-berkas yang dulu terlihat bertumpuk-tumpuk di kantor, lambat laun sudah tidak perlu lagi, semua data dapat dikirim, disimpan secara elektronik, masuk database di komputer. Dokumen dapat diakses dari mana saja, yang penting ada jaringan internet.

Begitu juga dalam hal literatur, yang dulu buku, jurnal, majalah, koran berjajar rapi di almari perpustakaan, tetapi sekarang telah mulai bergeser, literatur dapat diperoleh dengan mudah dengan mencari di internet, baik dengan jurnal yang gratis maupun yang berbayar, baik dengan yang berlangganan maupun tidak, bisa dilakukan kapan saja 24 jam.

Perpustakaan UAD atau biasa disebut Pusat Sumber Belajar (PSB) yang dipimpin oleh Drs. Tedy Setiadi, M.T. menangkap perubahan tersebut, mulai 2014 sudah mengatur agar penyerahan skripsi maupun tesis dilakukan secara online, mahasiswa mengupload sendiri, petugas perpustakaan akan memverifikasi jikalau skripsi atau tesis telah diupload. Bukti verifikasi dipergunakan sebagai salah satu syarat mahasiswa dapat mendaftar yudisium kelulusan. Info tentang program unggah mandiri dapat dilihat di: http://digilib.uad.ac.id/berita/Berita/detail/32/informasi-unggah-mandiri-tugas-akhir-mahasiswa

Tunggal Pribadi salah satu tentor menunjukkan beberapa alamat digital library.

Tunggal Pribadi salah satu tentor menunjukkan beberapa alamat digital library.

Dalam rangka memberikan layanan yang maksimal, PSB UAD memberikan pelatihan literasi secara gratis kepada mahasiswa Program Pascasarjana UAD. Pelatihan diberikan agar mahasiswa program pascasarjana UAD dapat memanfaatkan digital library (perpustakaan digital) sebagai salah satu layanan akademik yang diberikan oleh UAD untuk para mahasiswa. Untuk dapat memanfaatkan media tersebut, mahasiswa perlu dibekali ilmu pengetahuan agar dapat dimanfaatkan secara maksimal mungkin, benar, dan bertanggung jawab. Pelatihan literasi semester Gasal 2016/2016 pada Sabtu (29/10/2016) diikuti oleh mahasiswa Magister Pendidikan Fisika di ruang Literasi Kampus 3 Jln. Prof. Dr Supomo, S.H. Pelatihan disampaikan oleh Zulfa Erlin M., S.IP. dibantu oleh Tunggal Pribadi.

Tampak peserta antusias dalam mengikuti pelatihan.

Tampak peserta antusias dalam mengikuti pelatihan.

Materi berisi tentang tata cara memperoleh literatur dari jurnal-jurnal bereputasi nasional maupun internasional yang dapat diakses secara gratis maupun yang berbayar, bagaimana menulis sitasi dari internet, dan lain-lain. Beberapa web digital library yang disampaikan adalah:  http://digilib.uad.ac.id/; http://eprints.uad.ac.id/ ; ke perputakaan digitalnya LIPI http://www.pdii.lipi.go.id/ ; The Publication Index (IPI) atau Portal Garuda http://id.portalgaruda.org/ ; Perpustakaan Nasional RI di http://perpusnas.go.id/beranda/ ; http://jogjalib.com/

“Dengan adanya pelatihan literasi ini supaya mahasiswa mengetahui dan dapat mencari refensi yang dibutuhkan. Sayang kalau mempunyai jurnal online maupun local content tetapi tidak dimanfaatkan,” jelas Tunggal (dans).

Leave a Reply

Required fields are marked *.