Prof. Michel Dennefeld dari Institut d’Astrophysique de Paris: “Understanding the Universe: Introduction to Astronomy”

| 0 comments

Prof. Michel Dennefeld pakar astronomi dari Institut d’Astrophysique de Paris (IAP) berbagi ilmu tentang astronomi  kepada para dosen dan mahasiswa S1 dan S2 Pendidikan Fisika UAD. Beliau merupakan tutor workshop astronomi di International School of Younger  Astronomy  di LAPAN. Berbagai perkembangan ilmu dan teknologi astronomi kekinian disampaikan dengan sangat menarik, gamblang oleh Prof. Michel dalam Studium Generale dengan tema “Understanding the Universe: Introduction to Astronomy”.  Beliau sangat menguasai bidang ini karena sangat aktif  dalam penelitian dan pendidikan profesional dalam astronomi. Didukung lagi keaktifannya sebagai anggota The International Astronomical Union (http://www.iau.org). The International Astronomical Union ( IAU ) didirikan pada tahun 1919 . Misinya adalah untuk mempromosikan dan menjaga ilmu astronomi dalam semua aspeknya melalui kerjasama internasional. Masing-masing anggota – (Yang terstruktur dalam Divisi , Komisi , Kelompok Kerja dan Grup Program) – adalah astronom profesional dari seluruh dunia, para Doktor yang aktif dalam penelitian dan pendidikan profesional dalam bidang astronomi. Sumber http://www.iau.org.

Indonesia sebagai negara dengan jumlah  penduduk muslim terbesar di dunia harus menguasai ilmu dan teknologi astronomi untuk mendukung berbagai kebutuhan, antara lain terkait penentuan waktu sholat, penentuan awal dan akhir Ramadhan, penentuan cuaca, dan lain-lain. Penentuan awal dan akhir Ramadhan serta awal Syawal selalu menjadi masalah pada tiap tahunnya, termasuk pada Ramadhan yang lalu.

Menurut Muhammad Taufik Raisal, S.Pd., kuliah umum ini sangat penting untuk memberikan wawasan baru . “UAD sebagai amal usaha Muhammadiyah yang notabene adalah salah satu organisasi Islam terbesar di Indonesia membutuhkan ilmu pengetahuan ini,” terangnya.Ia berharap kuliah umum dapat meningkatkan minat dan pengetahuan mahasiswa tentang astronomi. Lebih jauh lagi, diharapkan dapat memicu semangat mahasiswa untuk menjadi ahli-ahli astronomi Indonesia di masa mendatang. (S2-PFIS)

Leave a Reply

Required fields are marked *.