Profil Prodi di lingkungan Pascasarjana UAD

1. Magister Pendidikan FISIKA

Izin Pendirian dan Status

Program Magister (S2) Pendidikan Fisika UAD memperoleh izin operasional dari Dirjen Dikti Depdiknas SK Nomor: 4182/D/T/2004 tertanggal 22 Oktober 2004 dan pada 10 Januari 2013 telah berstatus Terakreditasi “B” sesuai dengan SK BAN-PT Nomor: 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013. Dan Terakreditasi “B” pada periode berikutnya dengan SK BAN PT No. 4319/SK/BAN-PT/Akred/M/XI/2017.

Visi
Pada tahun 2020 menjadi Program Magister Pendidikan Fisika berwawasan global yang kuat dalam penguasaan konsep fisika, unggul dalam penguasaan teknik pembelajaran berbasis IT yang sejalan dengan nilai keislaman.
Misi
·    mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pendidikan fisika yang islami
·    menyiapkan guru fisika yang menguasai konsep fisika dan teknologi pembelajaran berbasis IT.
·    meningkatkan kemampuan penelitian dan pengabdian masyarakat bidang fisika.
·    mengembangkan kerjasama dengan berbagai pihak menuju Program Magister Pendidikan Fisika yang berwawasan global.
Mata Kuliah/Kurikulum
Semester I: Elektromagnetika (3 SKS), Fisika Komputasi (3 SKS), Matematika Terapan (2 SKS), Mekanika (3 SKS), Pengembangan dan Evaluasi Kurikulum Fisika (2 SKS), Mata Kuliah Pilihan (2 SKS).
Semester II: Eksperimen Fisika (3 SKS), Filsafat Sains (2 SKS), Fisika Modern (3 SKS), Fisika Statistik (3 SKS), Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran Fisika (3 SKS), Mata Kuliah Pilihan (2 SKS).
Semester III: Seminar Proposal Tesis (0 SKS), Tesis (6 SKS).
Mata Kuliah Pilihan Semester Gasal:
Supervisi Pendidikan (2 SKS), Astronomi dan Fisika Kebumian (2 SKS), Termodinamika (2 SKS), Kapita Selekta Fisika (2 SKS), Praktek Pengajaran (2 SKS), sertifikasi (2 SKS) Teknologi Informasi dan Komunikasi Pembelajaran Fisika Lanjut (2 SKS).
Mata Kuliah Pilihan Semester Genap:
Getaran dan Gelombang (2 SKS), Inovasi Pendidikan Fisika (2 SKS), Metode Penelitian Pendidikan (2 SKS), Seminar Fisika (2 SKS), Statistik Pendidikan (2 SKS).
Lama Studi, Beban SKS, dan Gelar
Untuk dapat lulus, mahasiswa harus menempuh minimal 38 SKS (termasuk tesis). Khusus lulusan S1 non kependidikan yang belum lulus Akta IV minimal mengambil 41 SKS. Gelar yang diperoleh adalah Magister Pendidikan Sain (M.Pd.Si.) atau dalam bahasa Inggris Master of Science Education (M.Sc.Ed.). Lama studi dapat diselesaikan dalam 3 semester, dapat diperpanjang hingga 8 (delapan) semester.
Program Khusus
Bagi rombongan belajar yang berasal dari suatu daerah, minimal 20 mahasiswa. Kelebihan program ini adalah jadwal kuliah fleksibel, kombinasi kuliah dengan e-Learning, fasilitas penginapan di Asrama UAD dan transportasi.
Staf Pengajar
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Prof. Suparwoto, M.Sc., Prof. Darsono, M.Sc., Dr. Moh. Toifur, M.Si., Dr. H.R. Oktova, Dr. Widodo, M.Si., Dr. Guntur Maruto, M.Si., Dr. Arif Hermanto, Dr. Dwi Sulisworo, M.T., Yudhiakto Pramudya, Ph.D., Drs. Ishafit, M.Si. (sedang S3).

 

2. Magister Pendidikan Bahasa Inggris

Izin Pendirian dan Status

Program Magister (S2) Pendidikan Pendidikan Bahasa Inggris memperoleh izin operasional dari Dirjen Dikti Depdiknas SK No. 1993/D/T/2005 tanggal 24 Juni 2005 dan pada 10 Januari 2013 telah berstatus Terakreditasi sesuai dengan SK BAN-PT Nomor: 012/SK/BAN-PT/Ak-X/M/I/2013. Dan Terakreditasi “A” pada periode berikutnya dengan SK BAN PT No. 4872/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2017.

Visi

Menjadi  program studi yang unggul dalam bidang Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) yang integratif berbasis penelitian dan teknologi berlandaskan nilai-nilai keislaman dan berwawasan global.

Misi

  1. Menyelenggarakan dan mengembangkan pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) yang integratif berlandaskan ilmu linguistik, sastra, dan budaya dalam suasana akademik yang menjunjung tinggi nilai keislaman.
  2. Menyelenggarakan kegiatan penelitian dan penulisan karya ilmiah yang relevan dengan ilmu kependidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) sehingga bisa menghasilkan temuan-temuan mutakhir dan aplikatif yang berguna bagi masyarakat secara luas.
  3. Menyelenggarakan dan mengembangkan layanan sosial dan kepakaran kepada masyarakat dalam Bidang Ilmu Pendidikan dan Pengajaran Bahasa Inggris (ELT) melalui kerjasama dengan stakeholders.

Mata Kuliah/Kurikulum

Matakuliah Dasar (10 SKS), meliputi:

Philosophy of  Science (2 SKS), Theories of Culture (2 SKS),  Theories of Literature and Language (2 SKS), Qualitative Research Methodology (2 SKS), Quantitative Research Methodology (2 SKS), Al Islam dan Kemuhammadiyahan/Akhlaq (0 SKS).

Matakuliah Keahlian (31 SKS), meliputi:

Applied Linguistics and ELT (2 SKS), Methods of TEFL (3 SKS), Children Language Acquisition and ELT (2 SKS), ELT Textbooks (2 SKS), English Language Testing (2 SKS), Varieties of English and ELT (2 SKS), Selected Literary Works and ELT (2 SKS),Culture and ELT (2 SKS), Educational Management and ELT (2 SKS), Instructional (Educational) Technology (2 SKS), Curriculum and Material Development (2 SKS), Thesis Proposal Seminar (2 SKS), Thesis (6 SKS).

Matakuliah Pilihan 3 SKS (Pilih Salah Satu), meliputi:

Seminar on ELT (3 SKS), Pragmatics (3 SKS), Discourse Analysis  (3 SKS), Translation (3 SKS).

Lama Studi, Beban SKS, dan Gelar

Studi Magister PBI dapat diselesaikan dalam waktu 4 (empat) semester atau kurang. Beban studi sebanyak 44 SKS terdiri dari 16 SKS matakuliah dasar, 25 SKS matakuliah keahlian, dan 3 SKS matakuliah pilihan. Gelar yang diperoleh adalah Magister Pendidikan Bahasa Inggris (M.Pd.B.I.).

Staf Pengajar

Prof. Dr. Bustami Subhan, M.S.; Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.; Prof. Dr. Soepomo Poedjosoedarmo; Prof. Dr. Abdul Gafur, M.Sc.; Prof. Dr. Suharsimi Arikunto; Prof. Dr. Mundzirin Yusuf, M.Si.; Prof. Sugirin, Ph.D.; Dr. Kasiyarno, M.Hum.; Dr. R.A. Noer Doddy Irmawati, M.Hum.; Dr. Mohammad Syakur, M.Pd.; Dr. Ngadiso, M.Pd.; Dr. Adnan Zaid, M.Sc.; Dr. Agus Widyantoro, M.Pd.;  Drs. Surono, M.Hum.(***); Dra. Umi Rokhyati, M.Hum.(***); Azwar Abbas, M.Hum. (***).

Tanda (***) sedang menempuh S3.

 

3. Magister Psikologi

Diskripsi

Program Magister (S2) Psikologi UAD didirikan pada tanggal 29 Desember 2005 berdasarkan Surat Keputusan  Dirjen Dikti Kemdiknas Nomor: 4154/D/T/2005. Terakreditasi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia nomor: 124/SK/BAN-PT/Ak-X/M/V/2013 dengan Peringkat “B”, berlaku sampai dengan 24 Mei 2018. Dan Terakreditasi “A” pada periode berikutnya dengan SK BAN PT No. 760/SK/BAN-PT/Akred/M/III/2018. (Berlaku 5 tahun)

Magister Psikologi  memiliki visi menjadi Program Studi  yang unggul dan kompetitif dengan keunikan pada psikologi indegenous yang mengedepankan nilai-nilai Islam dan budaya Indonesia, yang pada tahun 2022 dapat berkompetisi secara global.

Sedangkan misinya adalah Menjalankan seluruh proses akademik di prodi secara profesional dan Islami; Menyelenggarakan program-program untuk meningkatkan kompetensi akademik dosen yang sesuai dengan lingkup kompetensi magister  psikologi; Menyelenggarakan pembinaan kemahasiswaan yang melekat dan berkelanjutan demi tercapainya lulusan yang berkualitas unggul dan Islami; Mendorong terselenggaranya penelitian dosen dan mahasiswa yang berkualitas sesuai dengan konteks budaya Indonesia dan Islam; Memberikan layanan pengembangan kompetensi kepada masyarakat melalui kolaborasi atau kerjasama dengan sekolah Muhammadiyah atau Universitas antar Muhammadiyah atau institusi lain.

Mahasiswa berasal dari mahasiswa S1 lulusan program studi psikologi, bimbingan konseling, serta program studi lainnya baik yang kependidikan maupun non-kependidikan.

Gelar lulusan Magister Psikologi  sesuai Permendikbud Nomor 154 Tahun 2014 adalah Magister Psikologi (M.Psi.).

Kompetensi Lulusan

Sesuai dengan hasil Kolokium Psikologi Indonesia XX tahun 2010 di Bali, telah dicapai ketentuan untuk merumuskan kompetensi utama lulusan program Magister Psikologi adalah :

  1. Pengembangan Teori Psikologi
  • Mampu melakukan evaluasi, membandingkan, mengaitkan dan merumuskan kembali teori psikologi secara kontekstual.
  • Dalam ranah Pengetahuan maka lulusan Magister Psikologi Sains harus:Mampu mengetahui teori-teori Psikologi; Membandingkan teori-teori Psikologi; Mengaitkan teori-teori Psikologi.
  • Dalam ranah Keterampilan maka lulusan Magister Psikologi Sains harus mampu Merumuskan hasil penelaahan teori-teori psikologi dalam bentuk tesis/ proposisi/ hipotesis yang akan dikembangkan menjadi alternatif teori baru; Terampil memanfaatkan teori-teori psikologi dalam penelitian.
  • Dalam ranah Sikap maka lulusan Psikologi Sains akan mampu bersikap kritis terhadap berbagai konsep, model, pendekatan yang berkenaan dengan psikologi.
  1. Penelitian Tingkat Lanjut dalam Bidang Ilmu Psikologi
  • Memahami dasar-dasar penelitian kualitatif dan kuantitatif dan menguasai desain penelitian.
  • Melakukan penelitian yang berorientasi pada pengambangan ilmu
  • Menyusun laporan hasil penelitian
  • Mempublikasikan penelitian
  • Mematuhi kaidah penulisan ilmiah sehubungan dengan kejujuran akademik
  1. Transfer Pengetahuan
  • Mampu mengajarkan ilmu psikologi untuk kepentingan akademis jenjang S1
  • Mampu menggunakan ilmu psikologi untuk menerangkan gejala yang muncul di masyarakat
  • Mampu mempresentasikan ilmu psikologi dalam forum akademik maupun masyarakat umum
  • Terampil mengembangkan mahasiswa psikologi secara akademik
  • Mampu melakukan pengabdian pada masyarakat tentang ilmu psikologi
  • Menumbuhkan iklim akademik dalam proses belajar mengajar

 

Kompetensi Dosen

Magister Psikologi  UAD didukung staf pengajar yang berkompetensi bidang psikolog lulusan dari dalam negeri dan luar negeri, antara lain Universitas Gadjah Mada, Universitas Airlangga, University of Iowa, University Malaya, University Kebangsaan Malaysia, dan lain-lain . Magister Psikologi Sains mampu bersaing dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan dapat memberikan sumbangan dalam bidang akademik baik dalam penerapan ilmu secara ilmiah maupun dalam pengabdian kepada masyarakat. Staf pengajar terdiri dari 3 Profesor dan  6 Doktor, serta 2 calon Doktor yang ahli dalam ilmu psikologi, pendidikan, psikologi Islam, psikologi industri, psikologi sekolah (remaja dan anak-anak, dan lain-lain.

Fasilitas

Tersedianya sarana akses internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) dan Hotspot Area, serta perpustakaan yang dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id) dan ruang diskusi yang nyaman untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memperdalam ilmu psikologi dan perkembangannya. Ruang kuliah ber-AC dengan berbagai fasilitas antara lain LCD Proyektor, Audio Visual, dan lain-lain merupakan bagian layanan prima untuk menciptakan suasana akademik yang nyaman sebagai tempat belajar. Adanya Apotek UAD, kantin, koperasi mahasiswa, Koperasi ADI (dosen-karyawan) serta berbagai layanan lebih memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses berbagai kebutuhan selama berada di kampus UAD.

Alamat Kampus:

kampus II UAD Jalan Pramuka

Website: http://pascasarjana.uad.ac.id/

Email:pasca@uad.ac.id

 

4. Magister PsikologiProfesi (MAPRO)

Deskripsi
Program Magister Psikologi Profesi UAD diselenggarakan sesuai ijin DIKTI No. 4154/D/T/2005 dan ijin PP HIMPSI No. 010/PP-Himpsi.J.P/DJJJ/05 dan telah Terakreditasi “B” berdasarkan No. SK BAN-PT Nomor: 0172/SK/BAN-PT/Akred/PSPP/IV/2016.

Prodi Magister Psikologi Profesi didirikan sebagai bentuk tanggung jawab moral Persyarikatan Muhammadiyah dalam upaya mencerdaskan bangsa, pencerahan, serta integritas moral dan intelektual umat dengan landasan amar ma’ruf nahi mungkar. Program Studi ini dibuka untuk memenuhi tuntutan masyarakat dan perkembangan ke arah pengembangan psikologi dan penerapannya. Magister Psikologi Profesi memiliki visi untuk menghasilkan lulusan yang profesional dalam pengembangan ilmu dan pemberian layanan psikologis kepada masyarakat, berwawasan global dan berdasarkan nilai-nilai islami.

Kompetensi Lulusan

Sejalan dengan visi diatas program studi ini mampu menghasilkan lulusan jenjang magister dan sekaligus psikolog yang mampu berperan dalam penguasaan dan pengembangan teori, metode asesmen dan intervensi psikologis berbasis hasil riset dan mampu mengembangkan metode dan teknik asesmen dan intervensi dengan mempertimbangkan budaya Indonesia dan nilai-nilai Islam serta kode etik psikologi Indonesia.

Lulusan Magister Psikologi Profesi yang mampu berperan dalam penerapan ilmu psikologi tampak dari alumni yang sudah bekerja di berbagai industri, sebagai psikolog di puskesmas maupun instansi negeri dan swasta atau menjadi staf pengajar di beberapa Perguruan Tinggi di Indonesia dalam pengembangan keilmuan. Semakin tingginya tingkat keterserapan lulusan Magister Psikologi Profesi UAD dalam beberapa bidang tidak lepas dari profesionalisme dan landasan nilai-nilai keislaman yang berkomitmen pada keunggulan serta pengembangan pengetahuan yang berwawasan global, hal inilah yang menjadikan UAD tetap bisa menjadi institusi pendidikan yang semakin dipercaya oleh masyarakat.

Kompetensi Dosen
Didukung dengan staf pengajar yang berkompetensi psikolog lulusan Universitas Gadjah Mada, University of Iowa, UMEA Swedia, Tokyo Gakugei University, serta beberapa universitas lainnya baik dalam maupun luar negeri, Magister Psikologi Profesi mampu bersaing dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan dapat memberikan sumbangan dalam bidang akademik baik dalam penerapan ilmu secara ilmiah maupun dalam pengabdian kepada masyarakat. Staf pengajar terdiri dari 6 Profesor dan 10 Doktor, serta 4 calon Doktor.

Fasilitas
Kegiatan praktek mahasiswa didukung dengan fasilitas Laboratorium Psikologi antara lain Laboratorium Observasi Anak, Laboratorium Konseling, serta Laboratorium Tumbuh Kembang Anak. Tersedianya sarana akses internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) dan Hotspot Area, serta perpustakaan yang dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id) dan ruang diskusi yang nyaman untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memperdalam ilmu psikologi dan perkembangannya. Ruang kuliah ber-AC dengan berbagai fasilitas antara lain LCD Proyektor, Audio Visual, dan lain-lain merupakan bagian layanan prima untuk menciptakan suasana akademik yang nyaman sebagai tempat belajar. Adanya Apotek UAD, kantin, koperasi mahasiswa, Koperasi ADI (dosen-karyawan) serta berbagai layanan lebih memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses berbagai kebutuhan selama berada di kampus UAD.

Alamat Kampus:

UAD Kampus 1
Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta
Website: http://pasca-mp.uad.ac.id/
Email: mp@uad.ac.id atau mps2uad@gmail.com

5. Magister FARMASI

Deskripsi

Program Studi Magister (S2) Farmasi UAD merupakan salahsatu program studi dibawah Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan. S2 Farmasi UAD berdiri pada 16 Agustus 2010 dengan Surat Keputusan Menteri Pendidikan Nasional yang ditandatangani oleh (ANB) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi berdasarkan SK DIKTI Nomor: 119/D/0/2010. Dan telah terakreditasi Badan Akreditasi Nasional-Perguruan Tinggi (BAN-PT) Republik Indonesia nomor: 1012/SK/BAN-PT/Akred/M/IX/2015 dengan Peringkat “B”, berlaku sampai dengan 19 September 2020.

Visi Farmasi S2 adalah menjadi Program studi Pascasarjana yang unggul dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi untuk menghasilkan lulusan yang professional dan berdaya saing global dalam bidang Farmasi komunitas dan farmasi bahan alam yang dilandasi moral keislaman.

Misi Farmasi S2 adalah menyelenggarakan pendidikan pascasarjana (S2) untuk menghasilkan pakar-pakar Farmasi yang mempunyai kemampuan dalam penerapan dan pengembangan ilmu dan teknologi farmasi bahan alam dan farmasi komunitas sesuai dengan kemajuan IPTEK berlandaskan nilai-nilai keislaman dan semangat pengabdian kepada masyarakat; Menyelenggarakan penelitian dasar dan terapan sebagai kontribusi dalam pengembangan ilmu pengetahuan; Menjalin jejaring pendidikan lanjut dan penelitian dengan lembaga lain terkemuka di dalam maupun di luar negeri.

Gelar lulusan Magister (S2) Farmasi sesuai Permendikbud Nomor 154 Tahun 2014 adalah Magister Farmasi (M.Farm.).

 

Kompetensi Lulusan

Kompetensi Utama

  • Asas-asas pengembangan obat dan kosmetika bahan alam meliputi aspek-aspek mekanisme farmakologis dan pengembangan bentuk sediaan.
  • Farmakoterapi serta fitoterapi dalam pengobatan.

Kompetensi Penunjang

  • Pengembangan Obat dan Kosmetika Bahan Alam
  • Isolasi dan identifikasi senyawa bahan alam.
  • Formulasi obat dan kosmetika bahan alam.
  • Quality assurance produk obat dan kosmetika bahan alam.

Kompetensi Farmasi Klinis

  • Monitoring penggunaan dan efek samping obat dalam terapi pediatrik, geriatric, obsgyn, interna, syaraf, bedah.
  • Mencari, menilai sumber informasi, dan mengomunikasikan serta menyajikan  informasi obat.
  • Komunikasi interpersonal sebagai bagian dari tim kesehatan.

Kompetensi Khusus

Lulusan Program Studi S2 Farmasi  memiliki ketrampilan spesifik dalam hal:

  • Team work yaitu dapat bekerja secara efektif sebagai bagian dari kelompok profesional.
  • Penguasaan bahasa Inggris.
  • Teknologi Informasi, yaitu dapat menggunakan perangkat TI secara efektif; termasuk ketrampilan dalam melakukan pencarian informasi (information retrieval) o
  • Al-Islam: pengobatan Islami.

Dalam rangka meraih kompetensi lulusan yang demikian, S2 Farmasi UAD menjalin kerjasama dengan perusahaan, instansi pemerintah, instansi swasta, serta berbagai perguruan tinggi baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Kerjasama dengan beberapa perguruan tinggi di luar negeri memberikan banyak kesempatan bagi mahasiswa Pascasarjana UAD untuk mengikuti berbagai program yang ditawarkan antara lain: students mobility, short course, double degree, credit transfer system, dan lain-lain. Student mobility diprogramkan setiap tahun yang dapat diikuti oleh mahasiswa pascasarjana untuk semua program studi dan angkatan serta alumni pascasarjana UAD. Kegiatannya antara lain: seminar internasional, kuliah bersama, kunjungan ke berbagai sekolah atau perguruan tinggi. Pada acara seminar, peserta dapat mempresentasikan makalahnya dan makalah dimasukkan pada proceeding. Bagi mahasiswa S2 Farmasi yang memiliki kemampuan bahasa Inggris aktif dan memenuhi syarat dapat mengikuti pembelajaran klinis di Prince of Songkhla University (PSU) Thailand.

 

Kompetensi Dosen

Dosen S2 Farmasi UAD bergelar Doktor dan Guru Besar lulusan Dalam Negeri berjumlah 19 orang dan lulusan Luar Negeri berjumlah 15 orang, yang memiliki kompetensi sesuai dengan bidang keahlian. Berbagai kompetensi yang dimiliki antara lain Kimia, Farmakologi, Farmasi Klinik, Analisis Farmasi, Kimia Medisinal, Biologi Farmasi, Analisis Farmasi, Farmasetika, Teknologi Farmasi, Pengobatan Islami, dan lain-lain. Dosen-dosen yang dimiliki antara lain Prof. Dr. Achmad Mursyidi, M.Sc., Apt., Dr. dr. Akrom, M.Kes., Dr. Dyah Aryani Perwitasari, Ph.D., M.Si., Apt., Dr.rer.nat. Endang Darmawan, M.Si., Apt., Dr.Laela Hayu Nurani, M.Si, Apt., Moch. Saiful Bachri, Ph.D., M.Si., Apt., Dr.Nining Sugihartini, M.Si., Apt., Dr. Nurkhasanah, M.Si., Apt., Dr. Tedjo Yuwono, Apt., Prof. Abdul Rahman,  Ph.D., M.Si., Apt., Prof. Dr. Achmad Fudholi, DEA., Apt., Prof. Dr. Nurfina Aznam, SU., Apt., Prof. Drs. Sugiyanto, Ph.D., SU.,Apt., Prof. Subagus. Wahyuono, SU., Apt., Prof. Dr.Suwidjiyo Pramono, Apt., Prof.Dr.  Zullies Ikawati, Apt., dan lain-lain.

 

Fasilitas Laboratorium

Kegiatan praktek mahasiswa didukung dengan fasilitas Lab. Penelitian Terpadu, Lab Kimia, Lab Biologi Farmasi, Lab. Farmakologi, Lab Farmasetika dan Teknologi Farmasi. Beberapa peralatan yang dimiliki HPLC, Spektrofotometer UV, Densitometer, Oven, Kandang hewan Uji, Pencetak tablet, Pengering skala besar, dan lain-lain.

 

Tersedianya sarana akses internet melalui jalur LAN (anjungan komputer) dan Hotspot Area, serta perpustakaan yang dilengkapi dengan perpustakaan digital (http://digilib.uad.ac.id) dan ruang diskusi yang nyaman untuk mendukung kegiatan mahasiswa dalam memperdalam ilmu farmasi. Ruang kuliah ber-AC dengan berbagai fasilitas antara lain LCD Proyektor, Audio Visual, dan lain-lain merupakan bagian layanan prima untuk menciptakan suasana akademik yang nyaman sebagai tempat belajar. Adanya Apotek UAD, klinik kesehatan, kantin, koperasi mahasiswa, Koperasi ADI (dosen-karyawan) serta berbagai layanan lebih memudahkan bagi mahasiswa untuk mengakses berbagai kebutuhan selama berada di kampus UAD.

 

Alamat Kampus

Kampus 3 UAD Jl. Prof Soepomo Janturan, Yogyakarta

Website: http://pasca-farmasi.uad.ac.id/

Email: farmasis2uad@gmail.com

6. Magister Manajemen Pendidikan

Deskripsi
Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan (S2) berdiri berdasarkan SK Menteri Pendidikan Nasional Nomor 167/E/O/2011, tanggal 5 Agustus 2011 dan Terakreditasi “B” oleh BAN-PT Nomor: 1066/SK/BAN-PT/Akred/M/IV/2017 tanggal 11 April 2017.
Prodi Manajemen Pendidikan mengkaji dan menyiapkan sarjana manajemen pendidikan yang mampu memanej dan mengelola lembaga-lembaga pendidikan, terutama manajemen ditingkat menengah dan bawah. Kedepan prodi berusaha menggali gagasan, pemahaman dan praktik kepemimpinan, dan manajemen lokal di Indonesia di tingkat menengah dan keluarga yang direfleksikan ke gagasan, teori dan praktek yang cocok dengan tuntutan pendidikan masa kini.

Kompetensi Lulusan
Kompetensi Utama:
Lulusan Magister MP UAD harus: Mampu berfikir holistik, komprehensif, dan Islami; Mempunyai kemampuan untuk mengembangkan kemitraan pendidikan; Mampu merumuskan strategi perbaikan pendidikan; Mampu meneliti dalam bidang manajemen pendidikan; Mempunyai kemampuan untuk berkomunikasi; Mempunyai kemampuan konseptual; Mempunyai kemampuan hubungan interpersonal; Mempunyai kemampuan berorganisasi dan perbaikan organisasi; Mempunyai kemampuan mendelegasi wewenang; Mampu bekerja tim; Berwawasan luas; Toleran dan menghargai keanekaragaman; Mempunyai kemampuan berfikir sistem; Mempunyai kemampuan analisis terhadap perilaku organisasi dan konteksnya; Mempunyai kemampuan untuk berfikir kritis, kreatif, inovatif ; Mempunyai kemampuan untuk mengevaluasi kebijakan dan program pendidikan
Kompetensi Pendukung:
Kompetensi pendukung lulusan Program Pascasarjana Manajemen Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan adalah menghasilkan peneliti yang: Mempunyai kemampuan analisis kebijakan pendidikan berbasis manajemen budaya majemuk; Mempunyai kemampuan analisis kebijakan pendidikan berbasis penelitian; Mempunyai kemampuan mengembangkan Manajemen Pendidikan berbasis khasanah lokal; Mempunyai kemampuan berbagai penguasaan teknis; mempunyai kemampuan menulis berbagai bentuk artikel ilmiah

Kompetensi Dosen
Dosen-dosen prodi Manajemen Pendidikan memiliki kompetensi Doktor Guru Besar dan Doktor sesuai dengan bidang keahlian. Berbagai kompetensi filsafat ilmu dan kebijakan, pendidikan komparatif, supervisi pendidikan, penelitian pendidikan, analisis ekonomi pendidikan, teori dan perilaku organisasi. Dosen-dosen yang dimiliki antara lain: Prof. Suyata, Ph.D., Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Prof. Dr. Noeng Muhadjir, Prof. Dr. Aliyah Rasyid Baswedan, Prof. Sarbiran, M.Ed., Ph.D., Prof. Dr, Wuradji, Dr. Sugito, M.Si., Sumarno, M.Sc., Ph.D., dan lain-lain.

Lab Manajemen Pendidikan
Terdiri dari laboratorium di lapangan dan di kampus, untuk meneliti dan mengkaji berbagai Best Practices Pendidikan. Lab pendidikan menjadi forum diskusi proses penelitian dan hasil penelitian.

Aktivitas Mahasiswa
Mahasiswa prodi Manajemen Pendidikan aktif melakukan berbagai kegiatan baik penelitian, pengabdian kepada masyarakat, serta aktif mengikuti berbagai seminar dan berbagai forum diskusi, baik di dalam negeri maupum di luar negeri antara lain ke Singapura, Malaysia, Thailand, dan Filipina.

Alumni
Alumni Magister MP UAD tersebar di berbagai wilayah Indonesia dan Filipina.

Alamat Kampus:
Jln. Kapas 9 Semaki Yogyakarta
Website: http://pasca-mp.uad.ac.id/
Email: mp@uad.ac.id atau mps2uad@gmail.com

 

 

7. Magister Teknik Informatika

Deskripsi
Program S2 MTI UAD diselenggarakan berdasarkan pertimbangan untuk memenuhi peluang pasar tenaga profesional berkualifikasi master di bidang teknologi informasi pada berbagai sektor pembangunan, seperti bidang pendidikan, penelitian, praktisi, konsultan dan pimpinan lembaga/biro layanan Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK).
S2 MTI UAD memiliki visi untuk menjadi unggul dalam pengembangan teknologi Mobile and Internet Information System (MIIS) yang berkepribadian islami, profesional, dan peka terhadap perkembangan informasi dan komunikasi global.
Unggul dalam hal pengetahuan dan ketrampilan pengembangan IPTEK berbasis MIIS dengan tetap mempertimbangkan ranah keamanannya, bersifat terbuka pada ilmu dan teknologi informasi dalam komunikasi global. Berkepribadian islami dimaknai mampu memahami dan mengintegrasikan nilai keislaman dalam bidang pengembangan ilmu dan teknologi informasi dan komunikasi. Professional bermakna memiliki keahlian dan kompetensi dalam bidang komputer dan informatika sehingga mampu bersaing secara global, berdedikasi tinggi dalam pengembangan dan pelayanan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Peka berarti mampu mengikuti dan mengembangkan ilmu dan teknologi dalam bidang informasi dan komunikasi yang berbasis pada mobile and internet information system termasuk dalam ranah keamanannya.

Calon Mahasiswa
S2 MTI UAD ditujukan untuk lulusan S1 dari bidang-bidang yang relevan, diantaranya (namun tidak terbatas pada): Teknik Informatika, Ilmu Komputer, Sistem Informasi, Sistem Komputer, Teknik Elektro, dan lain-lain. Calon mahasiswa dapat berasal dari staf pengajar Perguruan Tinggi, Guru-guru SMA/SMK, PNS kementrian dan dinas-dinas terkait, pegawai swasta, dan perorangan yang memenuhi syarat.
Kurikulum S2 MTI UAD meliputi perkuliahan, praktikum, seminar, penelitian, publikasi ilmiah, dan penyusunan tesis dengan total 39 SKS yang dirancang dapat diselesaikan dalam 3 (TIGA) semester. Program S2 MTI UAD memiliki 2 konsentrasi, yaitu Mobile Technology dan Digital Forensics sebagai kekhususan berdasarkan minat mahasiswa dan keahlian pengajarProfil Kompetensi dan Lulusan
S2 MTI UAD dirumuskan memiliki profil kompetensi dan profil lulusan dalam bidang mobile technology, khususnya mobile and internet information system (MIIS) dengan landasan, pemahaman, sikap, penguasaan, dan kemampuan sebagai berikut:
a. Landasan Kepribadian; memiliki kepribadian yang islami, beriman dan bertaqwa kepada Allah Yang Maha Esa, bertanggung jawab, memiliki integritas ilmiah, jujur, berbudi pekerti dan berkepribadian yang luhur, berjiwa teladan, menghargai karya orang lain dan memiliki motivasi dan kesadaran untuk terus meningkatkan kompetensi dan kapasitasnya.
b. Penguasan keilmuan dan ketrampilan; menguasai ilmu, pengetahuan dan aplikasi bidang wireless and mobile technology, database and web technology, data communications, computing technology, dan security technology.
c. Kemampuan berkarya; mampu berkarya sesuai dengan pilihan kariernya seperti dosen, peneliti, konsultan untuk menghasilkan inovasi pada bidang pengembangan wireless and mobile technology, database and web technology, data communications, computing technology, dan security technology.
d. Sikap dan perilaku dalam berkarya; menjunjung tinggi profesionalisme, berfikir kritis, sistematik dan menghargai hasil karya sendiri maupun orang lain. Peka dan tanggap dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan pengembangan wireless and mobile technology, database and web technology, data communications, computing technology, dan security technology.
e. Pemahaman kaidah berkehidupan bermasyarakat; membuka diri untuk bekerja sama dengan disiplin ilmu yang lain dan lintas negara. Mampu melakukan perencanaan yang berbasis partisipasi masyarakat melalui pengabdian masyarakat, pembinaan kampung IT dan pusat studi terapan.
Lulusan S2 MTI UAD dapat mengisi profesi pada bidang-bidang pekerjaan sebagai berikut (tapi tidak terbatas pada) :
o Dosen pada perguruan tinggi, sekolah tinggi atau politeknik atau peneliti pada lembaga-lembaga riset nasional/internasional
o Konsultan bidang pengembangan sumberdaya TIK, Security, Security Engineer, Pentester, Computing, Data Communication, Web dan Mobile Technology
o Pimpinan atau tenaga ahli pada lembaga maupun biro layanan TIK, pada institusi pemerintah dan swasta dalam pengembangan sumber daya maupun sarana prasarana TIK
o Praktisi pendidikan, pelaku dunia usaha teknologi informasi, lembaga swadaya masyarakat
o Tenaga pengajar, penilai, asesor, atau penilik sekolah atau SMK dalam bidang TIK

Kompetensi Dosen
Dosen-dosen S2 MTI UAD memiliki kompetensi Doktor dan Guru Besar sesuai dengan bidang keahlian. Berbagai kompetensi yang dimiliki antara lain data communication, computer networks, security technology, database & web technology, wireless & mobile technology, cloud conmputing, digital forensics, pattern recognition, artificial intelligence, dan lain-lain. Dosen-dosen yang dimiliki antara lain Prof. Dr. Siti Mariyam Shamsuddin, Assoc. Prof. Dr. Jafri Din, Assoc. Prof. Dr. Kamarul Hawari Ghazali, Assoc. Prof. Dr. Ahmad ‘Athif Mohd Faudzi, Dr. Imam Riadi, E|CIH., C|EH., C|HFI, Dr. Muchlas, Dr. Dwi Sulisworo, Dr. Kais Ismail Ibraheem, Anton Yudhana, Ph.D., Abdul Fadlil, Ph.D., Sunardi, Ph.D., Tole Sutikno, Ph.D., Rusydi Umar, Ph.D., Eko Aribowo, M.Kom.

Alamat Kampus:
Kampus 3 UAD Jl. Prof Soepomo Janturan, Yogyakarta
Website: www.mti.uad.ac.id
Email: info@mti.uad.ac.id

8. Magister Pendidikan Matematika

Visi
“Menjadi Program Magister Pendidikan Matematika  yang unggul dalam pembelajaran matematika berbasis TIK dan Riset, untuk menghasilkan lulusan yang  profesional, berkepribadian islami dan berdaya saing  global”.

Misi
·    Mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pendidikan matematika yang inovatif.
·    Menghasilkan pakar pendidikan berkepribadian islami, yang menguasai pembelajaran matematika berbasis TIK dan riset.
·    Membentuk jaringan kerjasama baik lokal maupun internasional dalam bidang penelitian dan layanan kepakaran.

Mata Kuliah/Kurikulum
·    Mata Kuliah Wajib (32 sks), meliputi:
Bahasa Inggris (2 sks), Metodologi Penelitian Pendidikan (2 sks), Multimedia Pembelajaran Matematika (3 sks), Problematika Pembelajaran Matematika (2 sks), Aljabar (2 sks), Al Islam Kemuhammadiyahan (2 sks), Metode Pembelajaran Matematika (2 sks), Analisis (2 sks), Penulisan Proposal Tesis (2 sks), Statistika Matematika (3 sks), Evaluasi Pembelajaran Matematika (2 sks), Seminar Proposal dan Publikasi (2 sks) dan Tesis (6 sks).

  •  Mata Kuliah Pilihan 6 sks (pilih minimal 3 mata kuliah), meliputi:
    Edupreneurship (2 sks), Aplikasi Komputer (2 sks), Manajemen Pendidikan  (2 sks), Geometri (2 sks), Magang Pembelajaran Matematika (2 sks), Learning Management System (2 sks), Pendidikan Karakter (2 sks), Desain dan Analisis Eksperimen (2 sks), Matematika Diskret (2 sks).

Lama Studi, Beban SKS, dan Gelar
Untuk dapat lulus, mahasiswa harus menempuh 38 SKS terdiri dari 32 SKS Mata Kuliah Wajib dan 6 SKS  Mata Kuliah Pilihan yang dirancang dapat diselesaikan dalam 3 (TIGA) semester. Gelar yang diperoleh adalah Magister Pendidikan  (M.Pd.)

Staf Pengajar
Prof. Dr. Suharsimi Arikunto, Prof. Dr. Sutrisno Tandem, Dr. Suparman, M.Si., DEA., Sugiyarto, M.Si., Ph.D., Dr. Suprapto, Tutut Herawan, M.Si., Ph.D., Dr. Supinah, Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T., Yosza, M.Sc., Ph.D., Dr. Julan Hernandi.

AKREDITASI

 

9. Magister Pendidikan Vokasi

Visi MPV-UAD adalah:
“Menjadi Program Magister Pendidikan Guru Vokasi (MPV) yang unggul dalam pembelajaran kontekstual dan tajam dalam analisis guna menghasilkan SDM profesional di bidang vokasi yang berwawasan global.
Misi MPV-UAD adalah:
–    Mengembangkan ilmu Pendidikan Vokasi yang inovatif dan responsif terhadap tuntutan zaman.
–    Menghasilkan ahli pendidikan vokasi yang menguasai pembelajaran vokasi berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dan riset.
–    Mengembangkan kecakapan kepemimpinan dan manajerial dalam lembaga diklat vokasi yang efektif.
–    Menghasilkan SDM vokasi yang cakap dalam mengimplementasikan keahlian kepemimpinan dan manajemen guna menyelaraskan kesenjangan antara pendidikan dengan dunia kerja.
–    Membentuk jaringan kerja sama lokal dan global di bidang vokasional.
Apa itu MPV-UAD?
Dunia pendidikan dan pelatihan (diklat) vokasional berkembang dinamis seiring dengan visi pemerintah dalam peningkatan daya saing bangsa. Diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN yang membuka aliran tenaga kerja terlatih secara bebas merupakan bukti dinamika kebutuhan tenaga kerja terampil yang menuntut pengakuan regional. Sementara itu, di tingkat domestik, problem relevansi diklat vokasional dengan kebutuhan dunia kerja belum terjembatani secara komperehensif.
Program Pascasarjana UAD membuka Program S2 Magister Pendidikan Vokasi (MPV UAD) untuk menjawab tantangan tersebut, yaitu menghasilkan sumber daya menusia dalam bidang diklat vokasional yang memiliki kemampuan dalam mengembangkan ilmu pengetahuan vokasional, kemampuan memecahkan masalah kesenjangan dunia diklat dengan dunia kerja, kemampuan manajerial dan kepemimpinan, kemampuan dalam inovasi pembelajaran, dan kemampuan mengelola riset strategis bidang diklat vokasional.
Mengapa MPV-UAD?
–    MPV-UAD dirancang secara khusus dapat ditempuh dalam 18 bulan (3 semester).
–    Sit-in overseas dan internship.
–    Dapat menempuh short course di TVET UTM Malaysia.
–    Kemampuan membangun jejaring Dalam Negeri dan Luar Negeri.
Apa yang dipelajari di MPV-UAD?
Untuk meraih gelar M.Pd. dalam bidang Pendidikan Vokasional ini di butuhkan 36 kredit meliputi matakuliah-matakuliah: Prinsip Keilmuan dan Isu Kontemporer PV, Teori dan Strategi Belajar PV, Pengembangan Kurikulum PV, Bimbingan Karir Vokasional, Edupreneurship, Statistika, Metode Penelitian, Bahasa Inggris, dan Studi Islam serta Tesis.
Matakuliah yang dapat ditempuh: Penyelarasan Diklat Vokasi dan Dunia Kerja, Kepemimpinan/ Manajemen Strategis, dan Inovasi Pembelajaran Vokasi.
Untuk siapa?
–    Guru SMK, instruktur Balai Latihan Kerja (BLK), instruktur Lembaga Pendidikan Kejuruan (LPK), instruktur diklat kejuruan industri/lainnya, peneliti, serta peminat bidang diklat vokasional.
–    Lulus S1 semua bidang kependidikan maupun non-kependidikan dengan IPK minimal 2,75.
–    Memiliki skor TOEFL minimal 400 (bisa menyusul)
–    Lulus tes masuk MPV-UAD

10. Magister Manajemen

Visi

Menjadi Program Studi yang unggul dalam pengembangan ilmu manajemen dan perbankan untuk menghasilkan lulusan yang dijiwai nilai-nilai islam dan diakui secara internasional pada tahun 2025

Misi

  1. Melaksanakan pendidikan secara profesional bidang ilmu manajemen dan perbankan.
  2. Mengajarkan Al-Islam dan kemuhammadiyahan.
  3. Melaksanakan nilai-nilai ajaran agama islam dengan baik dan benar.
  4. Melaksanakan penelitian bidang ilmu manajemen dan perbankan.
  5. Melaksanakan pengabdian masyarakat di bidang ilmu manajemen dan perbankan yang menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat nasional dan internasional.
  6. Membangun jaringan kerjasama secara luas dengan pihak-pihak yang terkait dengan mempertimbangkan nilai keislaman sebagai bentuk jaminan keberlanjutan Program Studi S2 Manajemen.

Mata Kuliah/Kurikulum
·    Mata Kuliah Wajib (39 sks), meliputi :
Pra Semester (Matrikulasi), meliputi:
Statistik Bisnis Berbasis Komputer, Manajemen dan Bisnis Pengantar, Ekonomi Pengantar, Akuntansi Pengantar.

Semester 1 (16 SKS), meliputi:
Etika dan Hukum Islam (2 sks), Manajemen Perubahan dan Inovasi (2 sks), Manajemen Keuangan (3 sks), Manajemen Pemasaran (3 sks), Manajemen Operasi (3 sks), Manajemen Sumber Daya Manusia (3 sks).

Semester 2 (14 SKS) , meliputi:
Sistem Informasi Manajemen (2 sks), Manajemen Strategi (3 sks), Metodologi Penelitian/Business Plan (3 sks), Mata Kuliah Konsentrasi 1 (3 sks),  Mata Kuliah Konsentrasi 2 (3 sks).

Semester 3 (9 SKS), meliputi:
Mata Kuliah Konsentrasi 3 (3 sks), Internship (2 sks), Tesis/Praktek Bisnis (4 sks).

  •  Mata Kuliah Pilihan konsentrasi (Perbankan dan Pemasaran) 9 sks, meliputi:
    Mata Kuliah Konsentrasi Perbankan
    1.    Asset and Liability Management
    2.    Manajemen Risiko
    3.    Manajemen Perkreditan
    Mata Kuliah Konsentrasi Pemasaran
    1.    Strategic Marketing
    2.    Perilaku Konsumen
    3.    Electronic Marketing
    Lama Studi, Beban SKS, dan Gelar
    Lama studi rata-rata 3 semester (18 bulan), dengan beban sebanyak 39 SKS. Gelar yang diperoleh adalah Magister Manajemen (M.M.)

Staf Pengajar
Prof. Dr. H. Subardjo, Dr. Agus Siswanto, M.M., Dr. H. Abdul Choliq Hidayat, M.M., Dr. Purwoko, M.M., Dr. Zunan Setiawan, M.M., Dr. Aftoni Sutanto, M.Si., Dr. Hadi Suyono, M.Si., Dr. Taufik Hidayat, M.Ec., Dr. Khoiruddin Bashori, M.Si., Dr. Agus Basuki, M.M., Dr. Waharjani, M.Ag., Fitroh Adhilla, S.E., M.Si., Cand. Dr., Drs. Sukardi, M.M., Cand. Dr., Dra. Salamatun Asakdiyah, M.Si., Cand. Dr., Rai Rake Setyawan, S.E., G.Dbus., Cand. Dr.

11. Magister Pendidikan Agama Islam

VISI

Menjadi Program Studi bereputasi Internasional yang unggul dalam pengembangan ilmu pendidikan Islam dan inovatif dalam rancangan pembelajaran

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan secara luas dan mendalam khususnya di bidang ilmu pendidikan islam.
  2. Menyelenggarakan penelitian bidang PAI dengan pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan tradisipliner hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji serta mempublikasikannya ke dalam jurnal nasional maupun internasional.
  3. Menjalin kerjasama dengan program studi yang relevan baik dalam maupun luar negeri.
  4. Melakukan pengabdian kepada masyarakat di bidang PAI.

TUJUAN

  1. Terwujudnya prodi MPAI yang mengahsilkan pendidik PAI khususnya pengembangan AIK dan inovator pembelajaran keagamaan islam.
  2. Terselenggaranya penelitian, publikasi, dan pengabdian masyarakat dalam rangka mengembangkan dan menyebarluaskan kemanfaatan ilmu pendidikan Islam dan inovasi pembelajaran keagamaan islam.
  3. Terjadinya kerjasama dengan institusi dalam dan luar negri berlandaskan nilai-nilai keislaman.
  4. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat yang religius dan Islami.
Staff Pengajar
  1. Prof. Dr. Yunahar Ilyas, Lc., M.A.
  2. Prof. Dr. H. Sutrisno, M.Ag.
  3. Prof. Dr. Siswanto Masruri, M.A.
  4. Dr. Hendro Widodo, M.Pd.
  5. Dr. Suyadi, M.Pd.I.
  6. Dr. Suyatno, M.Pd.I.
  7. Dr. Yoyo, M.A.
  8. Dr. Wantini, M.Pd.I.
  9. Dr. Waharjani, M.Ag.
  10. Janatun Khusna, Ph.D.
  11. Muhammad Anis, M.Ag.
  12. Dr. Tasman Hamami, M.A.
  13. Drs. Anhar Anshori, M.Si., Ph.D.
  14. Dr. Muhammad Zuhaery, M.A.

 

Leave a Reply

Required fields are marked *.