Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi PPs UAD

VISI

Menjadi institusi pendidikan integratif berlandaskan nilai-nilai keislaman yang berkomitmen pada keunggulan dengan terus-menerus mengembangkan pengetahuan yang berwawasan global.

 MISI

Program Pascasarjana memfasilitasi proses pendidikan bagi mahasiswa dari berbagai wilayah Indonesia dan juga luar negeri dengan misi sebagai berikut:

  1. Memberikan pendidikan berkelanjutan dalam membangun moralitas melalui proses belajar mengajar baik secara langsung maupun online yang diperkuat dengan ilmu pengetahuan terbaru, keragaman, dan kreativitas dosen, mahasiswa, dan staf .
  2. Melakukan penelitian dan menghasilkan karya-karya ilmiah yang mendorong pada pengembangan manusia, ekonomi, kesepemahaman global, dan kemajuan dalam profesionalisme.
  3. Menguatkan aktivitas kerjasama dengan industri, pemerintah, dan institusi pendidikan lain dalam berbagai level baik dalam maupun luar negeri untuk menghasilkan, mensosialisasikan, mengintegrasikan, dan menerapkan pengetahuan yang lebih bernilai bagi masyarakat.
  4. Meningkatkan terus-menerus lingkungan yang islami bagi individu maupun komunitas melalui program terintegrasi dalam pembelajaran, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat.

TUJUAN

  1. Meningkatkan keberhasilan studi mahasiswa
  2. Memajukan keunggulan akademik dan penelitian
  3. Memperluas akses pendidikan berkelanjutan bagi masyarakat
  4. Memanfaatkan teknologi perluasan akses dan layanan pendidikan
  5. Mengendalikan pembiayaan dan menciptakan efisiensi tambahan dalam organisasi

STRATEGI

A.  Rencana Strategis Jangka Panjang

Tahapan pengembangan Pascasarjana dalam jangka menengah 2010-2025 dibagi dalam tiga tahapan:

  1. Tahap I (2010-2015) sebagai tahap Pengembangan Keunggulan Prodi. Fokus pada tahap ini adalah pada peningkatan kualitas penyelenggaraan tridarma PT dan tingkat profesionalitas lulusan yang salah satunya tercermin pada level akreditasi.
  2. Tahap II (2015-2020) sebagai tahap Peningkatan Komparatif L Fokus pada tahap ini adalah pada upaya peningkatan kualitas SDM, fasilitas dan layanan berbasis SIM yang mendukung proses pembelajaran, dan berimplikasi pada keunggulan komparatif lulusan melalui sistem layanan yang efisien dan efektif.
  3. Tahap III (2020-2025) sebagai tahap Peningkatan Aliansi Strategis skala Global. Fokus pada tahap ini adalah peningkatan intensitas dan kinerja pemanfaatan jejaring kolaborasi dan partnership internasional, peran serta lembaga dalam penyelesaian isu-isu global dan internasional dalam bidang yang relevan dengan tujuan pada peningkatan kualitas hidup masyarakat.
  4. Tahap IV (2025-2030) sebagai tahap Pemantapan Pengakuan Global. Fokus pada tahapan ini adalah pengokohan kolaborasi, partnership internasional, dan kontribusi keilmuan bagi masyarakat global.

B.   Rencana Strategis Jangka Menengah

Berdasarkan pada analisis SWOT yang dilakukan dalam diskusi terus-menerus dengan berbagai pihak, ada tema utama dari perencanaan strategis ini adalah membangun keunggulan akademik yang dijabarkan dalam tujuan dan strategi pencapaiannya. Pencapaian tujuan dan sasaran ini tidak dapat terlepas dari sinergi dan kolaborasi di antara para pimpinan Pascasarjana, dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, dan unit lain yang terkait di UAD.

Tujuan yang akan dicapai mencakup:

Tujuan 1: Peningkatan kualitas tata kelola dan penjaminan mutu

Pascasarjana memiliki komitmen untuk senantiasa menjaga dan meningkatkan kredibilitas sistem pendidikan dan pembelajaran yang diselenggarakan. Tingkat persaingan antar lembaga pendidikan di dalam dan di luar negeri mendorong berbagai bentuk ukuran akuntabilitas organisasi bagi stakeholder. Beberapa strategi yang dikembangkan untuk mencapai tujuan ini adalah peningkatan kapasitas peningkatan kapasitas sumber daya dalam pengelolaan sistem informasi, pemenuhan data valid terintegrasi, peningkatan kualitas sistem monitoring dan evaluasi, penguatan peran serta civitas dalam pencapaian sasaran mutu.

  1. Strategi 1.1. Peningkatan kapasitas sumber daya dalam pengelolaan sistem informasi
  2. Strategi 1.2. Pemenuhan data valid terintegrasi
  3. Strategi 1.3. Peningkatan kualitas sistem monitoring dan evaluasi

Tujuan 2: Meningkatkan keberhasilan studi mahasiswa

Pascasarjana memiliki komitmen pada mahasiswa sebagai inti dari misi organisasi. Strategi yang perlu dilakukan adalah peningkatan proses belajar mengajar, pemberian peluang keterlibatan mahasiswa dalam penelitian, peningkatan kualitas proses pendampingan studi, perluasan magang dunia kerja, penguatan credit transfer system, sandwich degree, dan student exchange. Strategi yang dikembangkan untuk tujuan 2 adalah:

Strategi 2.1. Peningkatan kualitas proses belajar mengajar

Strategi 2.2. Pemberian peluang keterlibatan mahasiswa dalam penelitian

Strategi 2.3. Peningkatan kualitas proses pendampingan studi

Strategi 2.4. Perluasan interaksi dunia kerja

Strategi 2.5. Penguatan program credit transfer system, sandwich degree, double degree dan student exchange

Tujuan 3: Memajukan keunggulan akademik dan penelitian

Keunggulan akademik merupakan atribut dari world class university. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah meningkatkan kompetensi dan kualifikasi akademik dosen, memberi peluang pada penelitian lintas disiplin ilmu, peningkatan kualitas reputasi publikasi artikel peneliti, peningkatan kerjasama penelitian dengan institusi lain, peningkatan pendanaan penelitian dari sumber yang lebih luas, perluasan sosialisasi hasil penelitian pada pengguna hasil penelitian, peningkatan ketersedian fasilitas penelitian dan pembelajaran. Strategi yang dikembangkan untuk tujuan 3 adalah:

Strategi 3.1. Peningkatkan kompetensi dosen

Strategi 3.2. Peningkatan kualifikasi akademik dosen

Strategi 3.3. Peningkatan penelitian lintas disiplin ilmu dan pemanfaatan hasil penelitian

Strategi 3.4. Peningkatan kualitas reputasi publikasi

Strategi 3.5. Peningkatan prestasi dan reputasi mahasiswa

Tujuan 4: Memperluas akses pendidikan berkelanjutan bagi masyarakat

Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah credit earning system, perluasan kerjasama dengan Pemerintah Daerah maupun Dinas Pendidikan di berbagai wilayah untuk berperan serta dalam memajukan SDM. Strategi yang dikembangkan untuk tujuan 4 adalah:

Strategi 4.1. Perluasan kerjasama dengan pemerintah daerah dan dunia usaha

Strategi 4.2. Pengembangan program credit earning system

Tujuan 5: Memanfaatkan teknologi untuk perluasan akses dan layanan pendidikan

Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah penguatan SDM dalam literasi IT, penguatan penyelenggaraan e-learning, digitalisasi data dan informasi untuk mendukung good university governance. Strategi yang dikembangkan untuk tujuan 5 adalah:

Strategi 5.1. Pengembangan layanan pendidikan berbasis e-learning

Strategi 5.2. Peningkatan literasi IT staf non akademik

Strategi 5.3. Peningkatan pemanfaatan sistem informasi

Tujuan 6: Mengendalikan pembiayaan dan menciptakan efisiensi tambahan dalam organisasi

Dengan keterbatasan sumber daya, komitmen organisasi untuk lebih efisien dengan kualitas yang lebih baik menjadi sangat penting. Beberapa strategi yang dapat dilakukan adalah: melakukan rasionalisasi pembiayaan mahasiswa sesuai kebutuhan, standardisasi proses bisnis melalui sistem penjaminan mutu, menyelenggarakan operasional harian secara paperless, pelaksanaan kebijakan beban kerja yang transparan dan terukur, perluasan peluang penyelenggaraan kuliah interdisiplin secara bersama. Strategi yang dikembangkan untuk tujuan 6 adalah:

Strategi 6.1.Perbaikan struktur pembiayaan pendidikan

Strategi 6.2.Adaptasi dan adopsi proses bisnis standar dalam penjaminan mutu

Strategi 6.3. Penerapan kontrak manajemen dan evaluasi beban kerja

Strategi 6.4. Pengembangan sistem pengendalian anggaran

Strategi 6.5. Penerapan paperless office

SASARAN MUTU

Sasaran Mutu/ Key Performance Indicators 2020

No. Tujuan KPI
1. Peningkatan kualitas tata kelola dan penjaminan mutu Akreditasi A
2. Meningkatkan keberhasilan studi mahasiswa. Masa studi tepat waktu
3. Memajukan keunggulan akademik dan penelitian Semua dosen berpendidikan doktor dan berjabatan akademik minimal Lektor Kepala

Satu publikasi internasional tiap dosen per tahun

4. Memperluas akses pendidikan berkelanjutan bagi masyarakat. Tersedia program on demand yang dibutuhkan masyarakat untuk setiap prodi
5. Memanfaatkan teknologi untuk perluasan akses dan layanan pendidikan. Tersedia 30% matakuliah yang diselenggarakan dengan e-learning

Semua prodi pascasarjana masuk dalam MIT Opencourseware

6. Mengendalikan pembiayaan dan menciptakan efisiensi tambahan dalam organisasi. Layanan dan aktivitas internal urusan administrasi dilakukan tanpa kertas sebasar 60 %

Pembiayaan operasional pendidikan berasal dari lembaga lain minimal 30%.

 Baca selengkapnya di:

RENSTRA PASCASARJANA UAD 2015-2020

RENOP PASCASARJANA UAD 2015-2020