Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT) PPS UAD di LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan

| 0 comments

Tim PPS UAD foto bersama dengan pengelola dan anak-anak Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan (27/1/2017).

Kulon Progo (27/1/2017) Mahasiswa dan Dosen Program Pascasarjana Universitas Ahmad Dahlan (PPS UAD) melaksanakan program pengabdian pada masyarakat. Program pengabdian yang dilaksanakan oleh PPS UAD lebih dikenal dengan Program Pemberdayaan Umat (PRODAMAT). Kegiatan kali ini dilaksanakan di LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan yang beralamat di Grubug V, Jatisarono, Nanggulan, Kulon Progo. Rombongan PPS UAD dipimpin oleh Wakil Direktur PPS UAD Dr. Ir. Dwi Sulisworo, M.T. diikuti oleh Kaprodi Magister Manajemen Pendidikan Prof. Suyata, M.Sc., Ph.D., Kaprodi Magister Psikologi Sains Mujidin, M.Si., Ph.D., Kaprodi Magister Teknik Informatika (S2 MTI) Sunardi, S.T., M.T., Ph.D., Dr. Budi Santosa mewakili Kaprodi Magister Pendidikan Vokasi (MPV), Dr. Rully Charitas Indra Prahmana, M.Pd. mewakili Magister Pendidikan Matematika (MPMat), Pengurus ASMAPADA yang dipimpin Rizalul Fikry mahasiswa Magister Pendidikan Fisika, 19 perwakilan mahasiswa Pascasarjana dan seluruh staf dari 10 program studi.

Prodamat dilaksanakan pada 26-27 Januari 2017. Pada Kamis (26/1/2017) kegiatan dimulai dengan penyerahan bantuan berupa: pupuk, alat pembuat pupuk kompos, mesin jahit, bibit, penyiapan lahan penanaman bibit pisang dan pepaya, pakaian, bahan makan, serta bantuan uang sepuluh juta rupiah yang berasal dari beberapa donatur. Dan pada Jum’at (27/1/2017) kegiatan meliputi serahterima bantuan secara simbolis dan penandatanganan berita acara serahterama bantuan, pelatihan motivasi berprestasi oleh Unggul Haryanto Nur Utomo, M.Si. (dosen Psikologi UAD), pelatihan pembuatan pupuk kompos dan pengelolaan sampah oleh Dr. Surahma Asti Mulasari, M.Kes. (dosen IKM UAD), serta penanaman bibit pisang raja dan pepaya.

Tarian anak panti asuhan Nanggulan untuk menyambut tamu dari PPS UAD.

Kegiatan menjadi tambah semarak dengan penampilan tarian dari anak-anak panti yang ditampilkan secara apik, meski dengan kostum dan dandanan yang sederhana. Kegiatan latihan tari masih mandiri, belum ada pelatih tari apalagi penata rias. Kegiatan dilanjutkan dengan dialog, perkenalan dari pengelola PPS UAD dan Pengelola LKSA Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan. Sambutan selamat datang disampaikan oleh Kepala Padukuhan Grubug V Bapak Mei Giyatno yang juga menjabat sebagai pengurus panti. Pak Mei menyampaikan rasa terima kasih dan penghargaan kepada PPs UAD atas kepeduliannya melaksanakan kegiatan di wilayah Grubug V khususnya di PAM Nanggulan dan berharap kegiatan tersebut dapat dilanjutkan pada masa-masa yang akan datang karena sangat membantu dan bermanfaat bagi anak-anak dan pengelola panti.

Sambutan sekaligus perkenalan berikutnya disampaikan oleh Ketua LKSA PAM Nanggulan Bapak H. Zamroni, B.A. didampingi Pengasuh LKSA Bapak Sutrisno, S.Pd. dan Bu Fatimah, S.Pd. Pak Zam menyampaikan sejarah berdirinya panti asuhan Muhammadiyah Nanggulan yang dimulai pada masa Pengurus Cabang Muhammadiyah Nanggulan yang diketuai oleh Bapak Yasim Hanafi, B.A. Berniat untuk menyantuni anak yatim-piatu ataupun anak dari keluarga yang bermasalah dengan mendirikan Panti Asuhan atas prakarsa serta dorongan dari H. Abdullah Effendi (Tokoh Muhammadiyah), H. Abdullah Hadi Ketua PAY Lowanu serta H. Lalu Hasbullah selaku pengurus PAY Lowanu. Nama Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan adalah saran dari ibu Fahruddin dan keluarga. PAM Nanggulan berdiri dan diresmikan pada tanggal 19 Mei 1996 bertepatan dengan tanggal 1 Muharram 1417 H oleh PWM DIY Bapak Drs. Ali Warsito yang disertai dengan pengajian akbar oleh Bapak H. Abunda Faruq MPKS Wilayah DIY dan Bapak H. Daldiri Ketua Panti Asuhan JAMASBA Bantul. Pada saat itu penempatan sementara di Toko Putro Mulyo milik bapak Kuwadi sampai tanggal07 November 1998.

Selanjutnya ditempatkan di Janti XI Jatisarono Nanggulan Kulon Progo pada tanggal 08 November 1998 dengan status Gedung Hak Guna Pakai, milik dr. Hj. Cempaka Thursina. Kemudian baru pada tanggal 1 Muharram 1424 H (Tahun 2013 ) LKSA Panti Asuhan menempati gedung asrama yang berlokasi di Dusun Grubug V Jatisarono Nanggulan Kulon Progo DIY. Di tanah milik Persyarikatan Muhammadiyah.

Seiring perjalanan waktu makin luasnya pelayanan yang di lakukan Panti Asuhan sejak tahun 2012 menggunakan nama LKSA PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH dengan alamat Grubug Jatisarono Nanggulan Kulon Progo D.I Yogyakarta. Di lokasi itu pula dilaksakan kegiatan Kesejahteraan Sosial bagi masyarakat luas berupa: advokasi anak (0-21tahun ): melalui santunan anak, Asuhan Keluarga, dan asuhan dalam asrama yang diiringi dengan program usaha. (dans)

Leave a Reply

Required fields are marked *.