PPs UAD Ikuti Konferensi Nasional ke-3 APPTM dan Seminar Nasional

web pasca

Asosiasi Program Pascasarjana Perguruan Tinggi Muhammadiyah (APPTM) didirikan untuk peningkatan sinergi Amal Usaha Muhammadiyah sebagai upaya penguatan iklim akademik antar PTM, serta untuk membangun sinergi dan konsolidasi pengelola program pascasarjana untuk merumuskan kebijakan dan langkah konkrit guna mengembangkan program pascasarjana di lingkungan PTM.
Guna mencapai tujuan tersebut, selain pertemuan rutin, konferensi, musyawarah, juga diselenggarakan berbagai kegiatan seminar nasional, joint riset, dan lain-lain. Dalam kegiatan Konferensi Nasional ke-3 APPTM se-wilayah Jawa Tengah, DlY, Jawa Barat dan DKI pada 12-13 Desember 2015 yang lalu di Universitas Muhammadiyah Purwokerto, PPs UAD mengirimkan 12 delegasi yaitu Dr. Ir. Dwi Sulisworo (Wakil Direktur), Kaprodi Magister MP Prof. Suyata, M.Sc., Ph.D., Kaprodi Magister Psikologi Profesi Dr. Siti Urbayatun, M.Si., Psikolog, Kaprodi S2 Farmasi Dr. Laela Hayu Nurani, Dosen MTI Rusydi Umar, Ph.D., dan Danang Sukantar, serta 5 mahasiswa.
Selain konferensi, diselenggarakan pula seminar nasional Call for Papers Tesis dan Disertasi mahasiswa pascasarjana yang sudah siap diujikan. Mengingat banyaknya paper yang diikutsertakan untuk dipresentasikan, maka panitia membagi menjadi 5 kelas. Delegasi mahasiswa UAD mempresentasikan 5 judul tesis, yang berasal dari Magister Farmasi a.n. Reza Pertiwi, Magister Manajemen Pendidikan a.n. Sigit Kurniawan, Magister Psikologi a.n. Ihsan MZ, serta dua mahasiswa dari Magister Psikologi Profesi dari Minat Klinis dan PIO a.n. Yuli Fitria dan Sri Hayati.
Paper yang dipresentasikan tersebut, setelah diberi masukan oleh peserta yang terdiri dari dosen mahasiswa, selanjutnya direvisi oleh masing-masing pemakalah dan nantinya akan disusun menjadi jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh APPTM. Kegiatan ini dalam rangka untuk meningkatkan nilai akreditasi Program Pascasarjana di PTM, yang salah satu poin penting adalah publikasi ilmiah. Oleh karena itu, tema yang diangkat dalam konferensi tersebut adalah “Orientasi Program Pascasarjana PTM: Memperkuat Tradisi Riset dan Publikasi”, dengan Pembicara Kunci Ketua Majelis Dikti PP Muhammadiyah. (dans)

Comments are closed.